Biografi dan Biodata Zlatan Ibrahimovic Pemain Sepak Bola Dunia

Posted on

Biodata Zlatan Ibrahimovic –Ibra adalah salah satu pesepak bola yang sudah lama mengawali karir sebagai pemain sepak bola sejak tahun 90-an, saat itu pertama kali di klub kota kelahirannya. Dia adalah seorang pemain asal Swedia dan sekarang bermain sebagai penyerang tim Manchester United.

Biodata Zlatan Ibrahimovic

Zlatan kiprahnya sampai ke berbagai klub besar Eropa, sejarah mencatat bahwa ia pernah bergabung di tim seperti Juventus, PSG, Inter Milan, Ajax Amsterdam, AC Milan, dan Barcelona. Kini, ia sedang menjadi tim pembela Manchester United klub asal Inggris. Kepiawaiannya ini terbukti dengan banyaknya trofi penghargaan dan rekor yang mampu ia dapatkan.

Pesepakbola yang lahir di Swedia pada 3 Oktober 1981 adalah putra dari pasangan Jurka Gravic dan Sefik Ibrahimovic. Ibra telah tumbuh menjadi pria dewasa di daerah Rosengard, walaupun ia dilahirkan di Malmo. Karena orang tuanya yang merupakan pasangan imigran jadi tidak heran jika ia memiliki banyak kenalan imigran lain. Bahkan, ia cukup aktif dalam berbagai komunitas dengan imigrannya sehingga ia sudah terbiasa dengan kehidupan internasional. Berikut ini biodata sekaligus biografi Zlatan Ibrahimovic:

Biodata

  • Nama : Zlatan Ibrahimovic
  • Nama alias : Zlatan/Ibra
  • Tempat/Tanggal Lahir: Malmo, Swedia/ 3 Oktober 1981 (35 tahun)
  • Zodiac : Libra
  • Kebangsaan : Swedia
  • Tinggi : 196 cm
  • Tim saat ini : Manchester United
  • Posisi bermain : penyerang
  • Nomer punggung : 9
  • Nama Ayah : Sefik Ibrahimovic
  • Nama Ibu : Jurka Gravic
  • Kekasih : Helena Seger
  • Nama Anak : Maximilian dan Vincent

Dibalik kemampuan besar yang dimilikinya, Ibra mempunyai kebiasaan yang jahil, konyol dan suka melakukan sesuatu yang kontroverial. Kebiasaannya ini sudah mulai dilakukan sejak masih kecil, terlebih saat dibangku sekolah dimana ia sering menjahili teman-temannya seperti teman perempuan. Satu kekonyolan pernah ia lakukan ketika mengikuti suatu pertandingan dan dengan sengaja ia menggiring bolanya ke tengah lapangan dengan tujuan hanya untuk bersenang-senang. Ia tidak peduli meskipun hal tersebut mengganggu pemain lainnya.

Biografi Zlatan Ibrahimovic

Sayangnya, ia harus menghentikan sejenak permainan sepak bolanya ketika berusia 15 tahun tanpa alasan jelas. Berkat manager Malmo, karir Zlatan dapat terselamatkan dan ia kembali bertarung di lapangan hijau. Hal ini tidak dilakukan tanpa tujuan atau alasan khusus. Sang manajer yakin bahwa Ibra mempunyai talenta yang luar biasa sehingga ia percaya jika suatu hari nanti ia akan menjadi pemain sepak bola yang terkenal dan handal.

Lantas, apa rahasia kemampuan bersepak bola yang dimilikinya? Diketahui jika Ibra pernah bersekolah di Akademi Malmo FF dan melanjutkannya dengan membela tim klub dari daerah kelahirannya. Hal inilah yang menjadi cikal bakal kemampuan seorang Ibra. Ia masuk ke Malmo FF pada tahun 1996. Tiga tahun setelah itu, tepatnya pada tahun 1999 ia masuk ke tim senior. Tidak sampai disitu saja, Ibra kemudian ditransfer ke Ajax dengan dana 7,8 juta Euro pada 22 Maret 2001.

Saat berada di klub Ajax dan dilatih oleh Co Adriaanse, Ibra jarang dijadikan pemain di lapangan. Namun, setelah pelatih diganti menjadi Ronald Koeman pada 29 November 2001, ia dijadikan sebagai pemain inti hingga Ajax bisa menjadi pemenang dengan gelar Eredivisie musim 2001-2002. Pertandingan internsional antara Belanda dan Swedia pada 18 Agutus 2004, Ibra telah membuat teman satu timnya Rafael van der Varats mengalami cedera. Hal inilah yang menjadi penyebab penjualan Ibra ke Juventus pada 31 Agustus 2004 dengan transfer 19 juta Euro.

Perpindahan ke klub Juventus membuat Ibra menjadi pemain yang penting, tapi karena adanya skandal Calciopoli membuat Ibra memutuskan untuk pindah. Kemudian ia bergabung dengan Inter Milan dengan biaya transfer 12 juta Euro untuk kontrak 4 tahun yang dimulai sejak 10 Agustus 2006. Kemudian pada tahun 2016 lalu ia bergabung di tim Manchester sampai sekarang. Demikian biografi dan biodata Zlatan Ibrahimovic.