Profil dan Biodata Denada

Posted on

Biodata Denada – Sejarah industri musik tanah air mencatat, pada dekade 90-an sempat booming jenis musik rap di Indonesia. Dari sederet nama penyanyi rap kala itu muncul sosok rapper wanita bernama Denada yang mendadak digandrungi pecinta musik tanah air. Dari biodata Denada, lagu rap pertama yang melambungkan namanya waktu itu adalah lagu “Kujelang Hari (Sambutlah)”. Lagu tersebut meledak seiring demam musik rap yang konon melanda seluruh negara di dunia.

Biodata Denada

Genre musik rap di Indonesia mungkin sudah melewati masa jayanya. Namun artis-artis yang sempat mencicipi popularitas di masa itu bukan berarti tak eksis lagi. Sebaliknya kiprah mereka di industri hiburan masih bisa dinikmati pecinta musik tanah air meski harus bertransformasi ke genre musik lain. Seperti halnya Denada yang kini kabarnya beralih ke jalur musik dangdut.

Baca Juga : Profil dan Biodata Tulus

Berikut ini profil dan biodata Denada:

  • Nama Lahir : Denada Elizabet Anggia Ayu Tambunan
  • Nama Populer : Denada
  • Tempat Lahir : Jakarta
  • Tanggal Lahir : 19 Desember 1978
  • Profesi : Aktris, Penyanyi
  • Genre Musik : Rap, Pop, R&B, Dangdut
  • Agama : Islam
  • Orang tua : Alm. Rio Tambunan (ayah), Emilia Contessa (ibu)
  • Pasangan : Jerry Aurum (2012-2015)
  • Anak : Shakira Aurum

Biografi dan Perjalanan Karier Denada

Denada memiliki nama lengkap Denada Elizabeth  Anggia Ayu Tambunan, lahir di Jakarta 19 Desember 1978. Ia merupakan putri sulung penyanyi era 70-an, Emilia Contessa. Denada mengawali kariernya sebagai penyanyi pop sebelum akhirnya memilih jalur musik rap. Namun sejak beberapa tahun belakangan ia lebih fokus di jalur musik dangdut.

Popularitas Denada sebagai penyanyi rap rupanya tidak bertahan lama. Namanya tenggelam seiring keputusannya untuk melanjutkan pendidikan di Australia yang secara otomatis meredupkan karier keartisannya. Kembali ke Indonesia beberapa tahun kemudian, Denada memutuskan kembali menekuni karier sebagai penyanyi. Ketika musik rap tidak begitu mendapat ‘tempat’ di masyarakat ia banting stir ke jalur dangdut. Salah satu album dangdutnya terbilang sukses dan membawanya meraih penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia dan MTV Indonesia tahun 2005.

Baca Juga:  Biografi dan Biodata Taylor Swift, Musisi Muda Multitalenta

Sepanjang kariernya, Denada sempat merilis 2 album rap yaitu “Kujelang Hari (Sambutlah)” rilis tahun 1994 dan “Ini Album Gue” rilis tahun 1997. Di genre musik pop ia sempat menelurkan 4 album, masing-masing adalah “Kujelang Hari” rilis tahun 1994, “Ini Album Gue” rilis tahun 1997, “Awal Baru” rilis tahun 2000, dan “Call Me Dena” rilis tahun 2010. Untuk album dangdut setidaknya ada 4 judul album yaitu “Matahari”, “Mae”, “ST”, dan “One Stop Dangdut” yang rilis tahun 2007.

Sukses di jalur musik rap, pop, dan dangdut, karier Denada di film dan sinetron juga cukup lumayan. Setidaknya ada 2 judul film layar lebar yang pernah dibintanginya yaitu “Kau dan Aku Cinta Indonesia” (2014) dan “Habis Gelap Menuju Terang” (2015). Untuk aktingnya di sinetron dan FTV setidaknya ada 6 judul yang pernah ia dibintangi yaitu “Hari Hari Mau”, “Zumirah ke Hollywood”, “Nyari Bini”, “Aku Cinta Kamu”, Rahasia Ilahi” dan “Cahaya Surga”.

Jangan Lewatkan Profil dan Biodata Mikha Tambayong

Perjalanan rumah tangga Denada sepertinya tidak semulus kariernya di dunia hiburan. Tanggal 15 Februari 2012 ia melangsungkan pernikahan dengan seorang fotografer bernama Jerry Aurum. Konon perkenalan keduanya berawal saat Denada menjadi model foto Jerry yang kemudian ditampilkan dalam album foto bertajuk “In My Room”. Tepat tanggal 11 Desember 2012 Denada melahirkan putri pertama yang kemudian diberi nama Shakira Aurum.

Denada dan Ihsan Traore

Hadirnya putri pertama yang seharusnya membuat hubungan semakin harmonis justru merupakan awal keretakan rumah tangga Denada. Pernikahan yang konon dikabarkan beda agama tersebut akhirnya kandas setelah melalui pengacaranya, Denada melayangkan gugatan cerai tanggal 24 Juni 2015. Kini kabarnya Denada sedang dekat dengan penyanyi jebolan Indonesian Idol 3, Ihsan Tarore.