profil dan biodata ernest prakasa

Profil dan Biodata Ernest Prakasa

Posted on

Profil, Biodata Ernest Prakasa, Agama, dan Foto Terbaru – Ernest Prakasa adalah seorang komika, penulis, aktor, dan belakangan ini ia mengambil peranan sebagai seorang sutradara di film “ngenest”. Menariknya adalah kenyataan bahwa ia adalah satu-satunya komedian beretnis Tionghoa.

Biodata Singkat

  • Nama: Ernest Prakasa
  • Tempat / Tanggal Lahir: Jakarta, 29 Januari 1892
  • Pekerjaan: Aktor, Komika, dan Penulis
  • Tahun Aktif: tahun 2011-sekarang
  • Istri: Meira Anastasia
  • Agama: Kristen
  • Zodiak: Aquarius
  • Anak: Sky Tierra Solana, Snow Auror Arashi

profil dan biodata ernest prakasa

Kariernya diawali ketika ia mengikuti sebuah kontes komika melalui acara Stand Up Comedy (SUCI) pada tahun 2011. Dalam kompetisi tersebut, ia memperoleh juara tiga. Dalam materi-materi Stand Up Comedy nya ia kerap membawakan cerita mengenai dirinya dan etnis Tionghoa yang melekat pada kultur keluarganya. Tak banyak yang tahu bahwa sebelum ia menjadi seorang komika, terlebih dahulu ia telah menjajal dunia tarik suara. Ketika itu ia bergabung dengan Universal Music, selanjutnya ia bergabung dengan Sony Music. Enam tahun sudah ia jalani kehidupannya di dunia musik, namun belum juga membuat dirinya menjadi besar. Ketika ada sebuah event pencarian bakat seorang komika, ia memutuskan untuk mengikuti ajang tersebut. Pada saat mengikuti seluruh prosedur kompetisi, ia akhirnya mampu membuktikan dirinya dan memperoleh juara ke tiga dalam ajang tersebut. Ketika itu ia bersama ketiga belas finalis lainnya yang lolos dari audisi dari seluruh Indonesia.

Selanjutnya Ernest Prakasa menyadari satu hal bahwa ia memiliki bakat menjadi seorang komedian tunggal (komika). Ia memutuskan untuk fokus dan menekuni pada bidang ini. Selain piawai dalam mengocok perut pemirsa, ia juga pandai berakting. Sejumlah peranan dalam beberapa film pernah ia mainkan diantaranya ialah Film Make Money di tahun 2013, Kukejar Cinta Ke Negeri Cina di tahun 2014, Comic 8 di tahun 2014, CJR The Movie di tahun 2015, dan Comic 8 : dan Casino Kings di tahun 2015. Selain dari film-film tersebut, ia juga memprakarsai sejumlah film berikut diantara yakni film Dari Merem ke Melek (Catatan Seorang Komedian) di tahun 2012, film Ernest Prakasa and The Oriental Bandits di tahun 2013, film illucinati di tahun 2014, Ngenest (Ngetawain Hidup Ala Ernest) di tahun 2013, Ngenest 2 (Ngetawain Hidup Ala Ernest) di tahun 2014, dan Ngenest 3 (Ngetawain Hidup Ala Ernest) di tahun 2015. Beberapa acara teleivisi yang melibatkan Ernest diantaranya yakni Stand Up Comedy Show di Metro TV, Comic Action di Kompas TV, Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV, dan menjadi juri di sebuah ajang kompetisi Stand Up Comedy Academy di Indosiar.

Baca Juga:  Profil dan Biodata Iwan Fals Lengkap

Berbicara mengenai kesuksesan seorang entertainer, tentu tak terlepas dari berita miring yang menyertainya. Ernest Prakasa kerap kali mengundang reaksi terhadap isu SARA yang dibawanya. Ia pernah dianggap melecehkan agama Islam dengan memberikan pernyataan bahwa “Kalau yang maen Nikita Mirzani, judul filmnya berubah menjadi pesantren Implan.” (peryataan dikutip dari website portalpiyungan.com). Pernyataan ini ia keluarkan melalui akun twitternya yang mengejek fil “Pesantren Impian” yang kala itu sedang ramai tayang di bioskop Indonesia. Film tersebut diadops dari novel karya Asma Nadia yang berjudul sama dengan film tersebut. Bukan hanya itu, sebelumnya Ernest pernah mencibir seorang tokoh muslim Indonesia yakni Hidayat Nur Wahid dan menginjak foto seorang cendekiawan muslim yang juga seorang politisi partai islam. Hal tersebut telah bersinggunan dengan SARA, mengingat Ernest adalah seorag keturunan etnis Tionghoa dan juga seorang yang beragama kristen. Tentu Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat sensitif dan akan berpotensi menimbulkan konflik SARA yang lebih besar di akar rumput. Masyarakat berharap agar Ernest bisa berperilaku lebih santun dan menjaga keharmonisan antarumat beragama dan antar etnis, mengingat ia adalah seorang public figur yang segala perilakunya selalu diperhatikan oleh seluruh warga masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *