Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas Indonesia

Posted on

Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas Indonesia – Stefano Lilipaly, nama pesepakbola naturalisasi ini namanya mendadak meroket pasca gelaran Piala AFF 2016 lalu. Profil dan biodata Stefano Lilipaly banyak dicari oleh pengguna medsos, ini tak lepas dari penampilannya yang cukup moncer kala sukses membawa skuad Garuda menduduki posisi runner-up di ajang dua tahunan Piala AFF musim 2016. Lantas siapa sebenarnya Stefano Lilipaly?

Biodata Stefano Lilipaly - Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas Indonesia

Sebelum dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia, Stefano Lilipaly adalah pesepakbola berkewarganegaraan Belanda. Meski begitu ia memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah, Ron Lilipaly. Sedangkan ibunya, Adriana merupakan warga negara Belanda.

Berikut ini profil dan biodata Stefano Lilipaly secara lengkap:

  • Nama Lengkap:           Stefano Lilipaly
  • Tanggal Lahir:             10 Januari 1990
  • Tempat Lahir:              Arnhem Belanda
  • Posisi:                          Gelandang
  • Karir  Klub Junior:      DCG, Az Akmaar, Utrecht
  • Karir Senior:                FC Utrecht, Almere City, Consadole Sapporo, Persija Jakarta, SC TelStar, SC Cambuur (2017-2018)
  • Instagram:                  stefanolilipaly
  • Prestasi:                         Piala KNVB Junior 2009-2010 (FC Utrecht Junior)

Karir Sepakbola Amatir Hingga Profesional

Karir sepakbola Stefano Lilipaly dimulai sejak ia berusia 7 tahun. Sebelum memutuskan pindah ke club junior AZ Alkmaar ia sempat memperkuat sebuah klub amatir lainnya, DCG. Karir juniornya berakhir ketika iamasuk klub senior FC Utrecht.

Setelah bergabung dengan FC Utrecht tahun selama 2 musim, tahun 2010 hingga 2012 ia hanya diberi kesempatan bermain sebanyak 5 kali dengan torehan 2 gol. Kontrak Stefano Lilipaly bersama FC Utrecht berakhir tahun 2012. Tak berselang lama ia dipinang klub Almere City. Di klub ini ia mendapat menit bermain lebih banyak, tercatat dalam 2 musim ia dipercaya tampil sebanyak 39 kali dan mencatatkan nama di papan skor dengan 3 gol. Catatan yang cukup positif mengingat posisinya sebagai gelandang, bukan striker.

Stefano Lilipaly memang pemain sepakbola yang cenderung lebih suka gonta-ganti klub. Bahkan tidak ada klub yang ia bela lebih dari 2 musim. Hal inipun terjadi ketika memperkuat Almere City, ia tidak memperpanjang ketika kontraknya berakhir tahun 2014. Setelah tidak lagi memperkuat Almere City ia terbang ke Jepang dan memperkuat Consadole Sapporo. Sialnya di klub ini ia kembali jarang mendapatkan kesempatan bermain. Bahkan di klub ini ia hanya dipercaya tampil sebanyak 2 kali dengan torehan 1 gol. Karena minim menit bermain, tahun 2015 Stefano Lilipaly memutuskan hengkang ke salah satu klub Indonesia, Persija Jakarta.

Baca Juga:  Biodata Lengkap Sadil Ramdani: Pemain Sepakbola Muda Dengan Bakat Alami

Stefano Lilipaly resmi menjadi bagian dari Timnas Merah Putih senior sejak dinaturalisasi tahun 2013. Tahun tersebut sebenarnya menjadi kesempatan kedua setelah tahun 2011 ia gagal dinaturalisasi karena masih dibekap cidera. Kondisi ini menutup kesempatannya mengikuti seleksi Timnas Garuda U-23 yang sejatinya diproyeksikan untuk ajang Sea Games 2011 dan Kualifikasi Olimpiade 2012 kalaitu. Baru tahun 2013 ia mendapat tempat di skuad Timnas sekaligus menjadi warga negara Indonesia.

Debut pertama Stefano Lilipaly bersama skuad Garuda ketika ia masuk starting eleven menghadapi Timnas Filipina tahun 2013, tepatnya tanggal 14 Agustus. Pada pertandingan tersebut Timnas Merah Putih sukses mengkandaskan Filipina dengan skor meyakinkan 2-0. Kemenangan skuad Garuda kala itu juga tak lepas dari peran Stefano Lilipaly. Meskipun tidak mencatatkan nama di papan skor namun ia sukses menyumbang satu assist untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Ketika pindah ke klub Persija ia merasa permainannya kurang begitu berkembang. Kemudian ia memutuskan kembali ke Belanda dan berlabuh ke klub SC TelStar. Di klub barunya ini Stefano Lilipaly mendapatkan kembali performa terbaiknya. Ia selalu dipercaya secara reguler mengisi lini tengah TelStar setiap pertandingan selama 90 menit penuh.

Stefano Lilipaly tidak menyia-nyiakan kesempatan begitu mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia pada ajang AFF Suzuki Cup 2016. Benar saja, kualitas pemain yang lahir di Arnhem Belanda 10 Januari 1990 ini benar-benar terbukti ketika ia mencetak gol sekaligus membawa Indonesia unggul atas Singapura 2-1 pada menit ke 85. Sejak saat itu Stefano Lilipaly laris manis di bursa transfer. Namun setelah memutuskan tidak lagi berseragam CS TelStar ia lebih memilih berlabuh di SC Cambuur untuk musim 2017-2018.

Untuk melengkali profil dan biodata Stefano Lilipaly diatas, kami sertakan foto-foto terbaru Stefano Lilipaly yang pastinya keren abis yang telah diambil dari berbagai sumber.

Biografi Stefano Lilipaly - Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas IndonesiaFoto Stefano Lilipaly - Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas IndonesiaProfil Stefano Lilipaly - Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas IndonesiaStefano Lilipaly timnas - Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas IndonesiaStefano Lilipaly Jokowi - Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas IndonesiaWallpaper Stefano Lilipaly - Profil dan Biodata Stefano Lilipaly Pemain Timnas Indonesia