Profil dan Biodata Tulus

Posted on

Profil dan Biodata Tulus – Meski tahun ini usianya sudah memasuki 30 tahun namun kiprahnya di blantika musik Indonesia baru terdengar 6 tahun terakhir. Ya, dia adalah Muhammad Tulus penyanyi kelahiran Bukittinggi 20 Agustus 1987 yang mulai dikenal publik lewat album “TULUS-Tulus” tahun 2011 lalu. Berdasarkan biodata Tulus yang dirilis Wikipedia, penyanyi yang kini berdomisili di Bandung ini mulai bernyanyi sejak kecil. Beranjak dewasa namanya mulai dikenal sebagai penyanyi di sejumlah acara komunitas klab jazz atau acara dari kampus ke kampus ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas Khatolik Parahyangan.

Biodata Tulus
Biodata Tulus

Tulus yang memiliki darah Tionghoa, Minangkabau dan Melayu ini juga piawai menciptakan lagu. Semasa masih berkuliah di Bandung ia sempat menjadi vokalis band kampus yaitu Sikuai Band. Kariernya terus menanjak semenjak album pertamanya keluar pada akhir September 2011 silam.

Berikut ini profil dan biodata Tulus:

  • Nama Lahir : Muhammad Tulus
  • Nama Populer : Tulus
  • Tempat Lahir : Bukittinggi Sumatera Barat
  • Tanggal Lahir : 20 Agustus 1987
  • Domisili : Bandung
  • Profesi : Penyanyi, Arsitek
  • Genre Musik : Pop Jazz, Pop Melayu
  • Tahun Aktif : 2011 – Sekarang

Perjalanan Karier Tulus

Tulus mulai memposisikan diri sejajar dengan musisi-musisi tanah air sejak album pertamanya “TULUS-Tulus” rilis tahun 2011. Album yang diproduseri Ari ‘Aru’ Renaldi tersebut dirilis sendiri oleh perusahaan rekaman miliknya yaitu Tulus Co. dan menunjuk Demajors selaku distributornya. Seluruh lagu di album pertamanya ia ciptakan sendiri. Dalam album tersebut ia juga berperan sebagai composer sekaligus co-producer, sementara selaku executive producer dipegang kakak kandungnya yaitu Riri Muktamar.

Baca Juga : Biografi dan Biodata Rossa

Beberapa lagu seperti Jatuh Cinta, Sewindu, Tuan Nona Kesepian, Teman Hidup dan Kisah Sebentar sempat merajai chart lagu di sejumlah radio di Indonesia. Tahun 2013 Tulus meraih penghargaan sebagai Editor Choice: Rookie of The Year versi majalah Rolling Stone Indonesia. Hal ini tak lepas dari albumnya yang sempat menduduki peringkat teratas chart Rolling Stone bulan Januari dan Februari tahun 2012.

Biografi Tulus

Tulus menggelar konser pertamanya pada tanggal 28 September 2012 di Auditorium Centre Culturel Francais Bandung bertajuk “TULUS: An in Introduction”, disusul kemudian konser keduanya “TULUS – Beyond Sincere” yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta 25 Mei 2012. Ia juga pernah mengadakan konser tunggal di Teater Tertutup Dago Tea House Bandung dengan titel “Konser Diaroma” tanggal 9 Mei 2013.

Baca Juga:  Profil dan Biodata Denada

Tulus juga sempat menjadi penyanyi pendatang baru paling diminati penonton di pagelaran Jakarta International Jazz Festival di Jakarta tahun 2013. Kolaborasinya bersama penyanyi Raisa terbilang sukses di ajang tersebut dimana mereka berduet menyanyikan dua judul lagu “Teman Hidup” dan “A Whole New World”.

Pada akhir Juni 2013 Tulus menggandeng grup musik RAN untuk kemudian berkolaborasi dalam satu single berjudul “Kita Bisa”. Dua bulan kemudian Tulus merilis sebuah single “Sepatu” versi digital yang hanya bisa di-download via iTunes. Konon single tersebut bersama dua lagu “Teman Hidup” dan “Sewindu” cukup lama menempati peringkat atas chart iTunes Indonesia. Bulan Oktober 2013 Tulus juga pernah ikut acara amal bertajuk “Sound of Indonesia 2013”. Acara yang digagas mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam wadah PPI Jerman ini digelar di Friedrich-Ebert halle, Hamburg, Jerman.

Jangan lewatkan Profil dan Biodata Via Vallen

Album kedua Tulus dirilis pada tanggal 19 Februari 2014 dengan titel “TULUS-Gajah”. Untuk promosi album keduanya ini ia menggelar konser tunggal di beberapa kota seperti Bandung (Sasana Budaya Ganesha), Jakarta (Balai Kartini Kartika Expo) dan Yogyakarta (Grand pacific Hall). Album keduanya ini masih menggunakan label perusahaannya sendiri, Tulus Co. dan tetap diproduseri Ari ‘Aru’ Renaldi.

Profil Tulus

Tanggal 20-21 Mei 2015 Tulus tampil di ajang Festival Musik Internasional bertajuk “Music Matters 2015” yang diselenggarakan di Singapura. Dalam waktu 2 hari ia tampil di 3 tempat sekaligus yaitu di Timbre Music Academy, Konferensi Music Matters Rotz Carlton dan di Barber Shop by Timbre Singapura.